Topik Penelitian Komunikasi dan gaya visual yang digunakan oleh Arif Muhammad dalam Video Youtubenya sebagai konten Kreator.

Kelompok : Retrim Global

Tria Mariam Sastia_202046500235

 Latar Belakang

A. Channel Youtube

Media Sosial tidak hanya Instagram, Twitter, dan Facebook tetapi masih banyak lagi jenis media social lainnya. Seperti Youtube, Youtube merupakan media social yang tak kalah menarik dari media social lainnya. Youtube merupakan situs web berbasis media social yang berisi aneka macam video yang diunggah oleh berbagai kalangan pengguna. 

Youtube memiliki sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengupload video, mempublikasi video yang telah diupload, atau melakukan aktivitas lainnya, seperti menghapus video kita sendiri, berkomentar pada video orang lain, dan sebagainya yang dinamakan Channel Youtube.

B. Konten Kreator

Konten Kreator bisa diartikan sebagai orang yang membuat konten, lalu konten tersebut diunggah melalui Akun Youtube, Facebook, Instagram, dan media social lainnya. Pembuat konten tersebut lebih dari pencipta konten semata. Mereka memiliki fungsi besar dalam dunia marketing Digital saat ini. 

Seorang Konten Kreator merupakan seseoranf yang bertanggung jawab untuk setiap informasi yang ada di media social maupun media digital. Pembuat konten memiliki target audience masing-masing. Selain itu Konten Kreator akan membuat dan menyusun materi yang memiliki nilai edukasi dan hiburan.

C. Arif Muhammad sebagai Konten Kreator

Arif Muhammad merupakan Youtuber yang memiliki ciri khas dengan gaya komunikasi yang unik yaitu dengan Bahasa daerah. Salah satu konten Youtube Arif Muhammad yaitu dalam Youtube Channel ‘Keluarga Beti’. Gaya komunikasi Arif Muhammad dalam serial ini menunjukan  ciri khas dengan gaya Bahasa. Arif Muhammad membuat konten video dengan menggunakan Bahasa Binjai dengan mengangkat cerita tentang pengalaman pribadi dan imajinasi, selain itu pada video Youtubenya Ia selalu menyelipkan pesan inspiratif untuk para penontonnya.

D. Pentingnya Kajian Semiotika dalam Bahasa Arif Muhamad 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjelaskan cerita dengan mengumpulkan data dalam Channel Youtube Arif Muhammad. Penelitian teks media ini menggunakan kajian Semiotika unutk menganalisi dan menginterpretasikan data yang ada. Dalam penelitian ini Kajian Semiotika berguna untuk menemukan makna tersembunyi pada video Youtube Arif Muhammad ‘Keluarga Beti’. 

Rumusan Masalah

1. Apa manfaat sosial yang terdapat dalam content Arif Muhammad 'Mak Beti' ?

2. Konten seperti apa yang Arif Muhammad buat untuk memperkenalkan bahasa dan perilaku daerah Medan?

3. Pesan apa yang terdapat dalam content Mak Beti dengan menggunakan analisis semiotika?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian Semiotika "Motif Pada Batik Baju Karyawan Serbagai Identitas Universitas Esa Unggul Jakarta"

Kajian Literature