Mengakat Sen Desain Interior Karya Viro dan Pematung Joko Avianto

Karya seni tak hanya meliputi seni lukis, seni patung ataupun jenis seni lainnya. Rancangan dalam dan luar ruang merupakan jenis karya seni yang tentunya membutuhkan ide dan kreativitas untuk menciptakan sebuah ruangan yang indah dan nyaman. Ada juga Desain Interior, saya sangat menyukai Desain Interior dan saya mengakatnya untuk remedial UTS Kajian Seni Rupa dan Desain. Saya menyukai Desain Interior karena dalam penyusunannya rapih dan enak di pandang oleh mata.

Memasukkan seni kedalam rumah merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kualitas hidup sehari-hari, dan membuat perbedaan hidup menjadi lebih baik. Tidak semua orang menyukai karya seni, tetapi seni adalah hal yang sangat berarti pada perbedaan dalam memandang lingkungan.  Jadi seni sangat penting dalam Desain Interior. Perlu adanya menempatan karya seni pada setiap titik focus pada ruangan yang akan menarik perhatian orang yang akan melihatnya, dan juga bisa menjadikan ruangan anda menjadi terlihat istimewa. 

Desain Interior adalah bentuk seni yang sangat menarik. Desain Interior sendiri bisa mencerminkan kepribadian seseorang dan seseorang tersebut bisa merasa nyaman dengan cara tertentu dengan melihat Desain Interior yang mereka sukai. Ada banyak elemen yang terlibat, seperti palet warna, karya seni, dan instalasi furniture. Desain Interior sangat mementingan kesan artistic, seni, furniture dan dekorasi, serta mode dan teknologi. Desain Interior juga bisa diartikan gaya hidup, setiap orang mempunyai gaya dan karakter masing-masing. Desain tradisional, modern, modern semi trsadisional, dan masih banyak lagi sesuai keinginan mereka. Seni dalam Desain Interior membantu orang untuk mempercantik rumah mereka. Desain Interior juga merupakan karya seni dangan ide-ide untuk menghias dan mempercantik ruangan, atau bisa menggunakan perapian untuk memperbaiki ruangan. Membuat dan menata barang dalam ruangan juga bisa menampilkan ruangan yang sempurna.

Mendesain ruangan bisa dianggap menyenangkan bagi penggemar desain sebagai karya seni. Karya seni interior dapat menampilkan desain dalam ruangan dengan gaya interior, seperti dinting yang artistik, langit-langit ruangan, tiang, sudut ruangan, dan masih banyak lagi. Warna dalam Desain Interior sangat berpengaruh bagi penikmatnya, karena warna berfokus pada kedalaman yang menghadirkan kehidupan nyata disebuah ruangan. Warna yang diatur biasanya sesuai ruangannya seperti warna coklat, abu, putih, dan hitam pada ruangan kerja biasanya bermakna percaya diri. Warna hijau dan biru pada ruang makan bermakna warna tersebut mengundang selera makan, dan lain sebagainya pada ruangan lain seperti ruang tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan lain-lain sesuai kebutuhan. 

Desain Interior juga menggunakan arsitektur  yang berfokus pada elemen seni dan desainnya. Beberapa Desain Interior dengan struktur arsitektur yang mengesankan.

Viro merupakan perusahaan penyedia solusi material kreatif untuk desainer arsitektur dan interior. Perusahaan ini berdiri di Indonesia sejak tahun 1985. Material Viro biasanya digunakan untuk arsitektur dan interior seperti kursi, atap, dan lainnya. Material Viro biasanya mirip kayu atau bambu yang tahan lama dan juga ramah lingkungan. Kolaborasi ini merupakan bentuk dari bisnis perusahaan untuk menguji bahan yang digunakan secara inovatif. Konsep dalam ruangan tersebut yaitu tentang keindahan biota laut, hal ini terinspirasi dari kepeduliannya terhadap lingkungan. Perusahaan ini terus berinovasi dalam produk yang bisa dikembangkan dan dapat didaur ulang.
 

Dengan karya seni pada setiap ruangan akan terlihat kekreatifan seseorang. Desan interior mempunyai banyak tema yang bisa dinikmati yang berhungan dengan perubahan masyarakat dan gaya hidup. Kehidupan sehari-hari dan kehiatan diluar ruangan juga bisa dijadikan inspirasi untuk desain Interioryang menjadikan interior tersebut itu unik, menarik, dan eksotis. Desain Interior berfokus pada palet warna dan gaya yang dinamis serta aksen yang meninggalkan kesan pada suatu ruangan. Setiap orang pasti bisa menghias ruangannya sendiri, mereka akan menemukan ide-ide unik dengan mengubah barang yang ada disekitar menjadi lenih menarik. 


Saya menyukai estetika dalam ruangan, dengan penempatannya yang tersusun rapih karena enak dipandang. Ketika saya melihat ruangan dengan interior yang sesuai denga gaya saya, saya sangat merasa damai dan tenteram saat berada di tempat tersebut, dan juga suasana alam yang sangat hijau, pepohonan yang bergerak-gerak tertiup angin, daun-daun berjatuhan karena tertiup angin. Perasaan hati yang tenang saat pohon-pohon bergerak, rasa yang di timbulkan dalam suasana interior itu rasa nyaman, dalam Desain Interior tersebutlah yang saya angkat untuk Remidial UTS kali ini, serapih rapihnya barang terkadang berantakan dalam penempatan karena sering digunakan, seperi kursi yang setelah dipake tidak disusun kembali ketempatnya. Banyak orang seperti itu, yang tidak rapihkan kembali barang dan ruangan yang sudah dipakai dan juga merusak suasana dalam desain interior. Sebagai contoh, meja belajar saya yang sering dipake oleh orang lain dan tidak disusun kembali, ataupun  kursi yang saya pakaidirusak oleh orang lain. Orang yang sering merusak dan mengotori tempat dan barang saya rasa mereka orang yang tidak mempunyai etika dan estetika dalam maupun luar ruangan. 

Saya sering melihat dan membaca blog atau website tentang Desain Interior dan dari situ saya sering mengubah gaya kamar. Dari dinding yang saya lukis sesuai gaya dan kesukaan saya, barang-barang yang saya tata secara rapi dan unik. Dan juga saya sering membawa dan membeli barang unik lainnya. Selain itu saya juga sering menggunakan barang bekas untuk hiasan kamar, seperti kertas yang sudah tidak terpakai saya jadikan bubur kertas dan saya jadikan bingkai foto dan kotak pensil. Dan masih banyak lagi barang yang bekas yang saya daur ulang untuk dijadikan hiasan kamar. Selain kamar saya juga kadang menata ruang tamu dan dapur. Cukup banyak ruangan di rumah saya yang saya cat sendiri dan dekorasi. Gaya interior seni klasik yang biasa saya gunakan untuk ruangan pribadi dan ruangan lainnya. 

Saya juga punya pengalaman yang cukup banyak dalam Desain Interior. Sejak kecil saya sering melihat orang dewasa/Bapak-Bapak yang sedang membuat rumah dan saya senang melihat keunikan dari rumah-rumah tersebut. Tidak hanya itu di Sekolah Menengah Pertama dan Sekoah Menengah Atas saya juga mempunyai pengalaman dari Seni dan Interior yaitu mengecat kelas dalam acara lomba antar kelas dengan tema kemerdekaan yang ditentukan oleh pihak sekolah. Saat itu saya menggambar Ir. Soekarna yang merupakan presiden pertama Indonesia. Dan masih banyak lagi pengalaman saya tentang seni penataan ruangan. 

Setelah anda melihat dan membaca tulisan saya harap anda terdorong untuk mengubah ruangan anda dengan interior yang unik dan menarik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian Semiotika "Motif Pada Batik Baju Karyawan Serbagai Identitas Universitas Esa Unggul Jakarta"

Kajian Literature