siometika keseharian

Petanda dan Penanda (signifié et signifiant) adalah konsep dalam ilmu semiotika yang merupakan ilmu yang mempelajari tanda dan simbol dan penggunaan atau penafsirannya. Di dalam bukunya yang berjudul ", ia menjelaskan bahwa suatu tanda tidak hanya ada dalam bentuk citra bunyi, tetapi juga dalam bentuk pemahaman. Maka dari itu, ia membagi tanda menjadi dua komponen, yaitu penanda (atau "citra bunyi") dan petanda (atau "pemahaman").

mulai dari yang berbentuk abstrak hingga konkret. Pasti ada satu kata yang bisa menandakan amarah atau kekecewaan kita. Bahasa dapat menjadi tanda atas perasaan manusia, sesuatu yang niskala. Sebaliknya, bahasa pun menjadi tanda atas benda-benda berwujud, seperti kata pohon yang mewakili sebuah tumbuhan berbatang kayu dan berdaun.

dalam keseharian saya pada saat saya mengendarai motor dan melihat keleliling saya, dan ada kejadian seseorang pengendara motor yang menabrak mobil, dalam hal ini penanda saat menaikan motor dalam kejadian tersebut saya melihat sekilas, makna saya harus berhati - hati saat mengendarai motor, harus fokus saat berkendara.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Objek Kajian Semiotika "Motif Pada Batik Baju Karyawan Serbagai Identitas Universitas Esa Unggul Jakarta"

Kajian Literature