Objek Kajian Semiotika "Motif Pada Batik Baju Karyawan Serbagai Identitas Universitas Esa Unggul Jakarta"

Pendahuluan

Batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Kain batik yang diidentikkan sebagai kain Nusantara kini berkembang menjadi industri modern. Pemaknaan atas symbol, tanda yang dipakai pada motif ornament batik baju karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta yang merupakan hasil kristalisasi pemikiran yang mengacu pada kecerdasan lokal yang perlu digali dan dilestarikan.

Motif ornamen batik pada baju karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta merupakan salah satu bentuk karya seni yang berujung budaya dimana hal tersebut tersirat dari ciri realitas sosial yang dibangun oleh masyarakat akademik yaitu karyawan Universitas Esa Unggul melalui makna yang tersirat dalam Tiga Pilar Keunggulan Universitas Esa Unggul merupakan kristalisasi intelektualitas yang akan di wujudnyatakan dalam setiap gerak baik dalam pelayanan, penjaminan mutu maupun dalam proses belajar mengajar, Tiga Pilar Keunggulan Esa Unggultersebut yaitu Kewirausahaan yang disimbolkan dengan warna Hijau, Tekhnologi Informasi disimbolkan dengan warna Biru , sedangkan kemampuan berkomunikasi disimbolkan dengan warna Ungu dan Oranye (orange). 


Isi

Bentuk formal : Motif batik (visual)            


Dalam hal ini bentuk representament yang berupa qualisign (fenomena) adalah karyawan Universitas Esa Unggul yang memakai baju seragam, yang berupa sin(gular) sign (tempat dan waktu) adalah lingkungan Kampus Universitas Esa Unggul di Jakarta, yang berupa legisign (konvensi) adalah orang / karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta. Baju Seragam Karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta pada gambar motif ornamen batik yang disematkan diatas kain berwarna putih adalah hasil dari 
kombinasi Logo Universitas Esa Unggul Jakarta dan stilisasi tumbuh-tumbuhan / flora berupa motif ornamen yang terdapat di beberapa daerah di Indonesia.

Tanda Visual: Simbol logo dan Motif Ornamen yang dipakai pada Batik Baju / Seragam dari beberapa daerah dalam posisi tersusun dengan rapi berulang-ulang membentuk sebuah repetition, membentuk sebuah pola yang simetris diatas kain berwarna putih.


Tanda

Representament adalah bentuk atau “wajah luar” suatu tanda yang pertama kali “diindrai” oleh manusia. Representament juga merupakan “bentuk fisik sebuah tanda”. Secara keseluruhan dari Motif Ornamen Batik Baju Karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta merupakan Representament, yaitu berupa wajah luar atau bentuk fisik sebuah tanda.


Penanda


Berdasarkan data motif ornamen batik baju karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta dapat dilihat penggunaan Logo Universitas Esa Unggul Jakarta berupa logo gram yaitu meng-expose huruf “e” (berarti Esa) yang dibentuk oleh 3 garis lengkung dengan sebuah bola biru tiga dimensi ditengahnya. Dan juga huruf u mengandung makna : unggul mewakili cita-cita untuk menjadi institusi terdepan, menghasilkan lulusan berpredikat “insan unggul”, ultimate mewakili sebuah sikap dan usaha untuk mencapai “ketuntasan”. Motif Ornamen Batik Baju Karyawan Universitas Esa Unggul jakarta hasil dari kombinasi beberapa motif ornamen yang ada dibeberapa daerah di Indonesia.


Petanda

Berikut merupakan petanda (Ikon, Indeks, dan Simbol) pada objek motif ornamen batik baju karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta: 

    a. Ikon adalah Baju/Seragam Karyawan Universitas Esa Unggul 

    b. Indeks adalah Tulisan Universitas Esa Unggul 

    c. Simbol adalah Motif Ornamen yang dipakai pada Batik Baju / Seragam.


Kesimpulan 

Motif ornamen batik pada baju karyawan Universitas Esa Unggul Jakarta merupakan salah satu bentuk karya seni yang berujung budaya dimana hal tersebut tersirat dari ciri realitas sosial yang dibangun oleh masyarakat akademik yaitu karyawan Universitas Esa Unggul. Keberanekaragaman suku tersebut mencerminkan bahwasanya Universitas Esa Unggul mempunyai karakteristik Universal dan tidak membeda-bedakan suku bangsa. Yang menjadi prioritas utama karyawan Universitas adalah pendidikan, etika dan etos kerja karyawan tersebut. sehingga menjadi sebuah identitas dari Universitas Esa Unggul Jakarta nenek moyang dan tradisi yang sudah berlaku turun temurun dan menjadi budaya. 

Karya seni Motif Ornamen Batik mempunyai tanda berbentuk verbal (bahasa) dan penyajian visualnya juga mengandung ikon terutama berfungsi dalam sistem-sistem non kebahasaan untuk mendukung pesan kebahasaan, maka pendekatan semiotika sebagai sebuah metode analisis tanda guna mengupas karya seni Motif Ornamen Batik Baju Karyawan Sebagai Identitas Universitas Esa Unggul Jakarta layak diterapkan dan disikapi secara proaktif sesuai dengan konteksnya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kajian Literature